Saturday, 28 April 2012

Foundation yang cocok untuk wajah berminyak

Liquid Foundation
Liquid Foundation

Hai hai balik lagi nih ngeBlog lagi nih ξ(ˇ▽ˇ)ξ, kali ini pengen bahas masalah "Foundation yang cocok untuk wajah berminyak". Perlu kah usia muda seperti kita menggunakan Foundation/Alas Bedak??. Kalo yang masih remaja, kalo bisa yah jangan dulu, nanti ditangkep guru BP lho #lol.
Lebih baik cocok bedak ajah, jangan terlalu tebal cos kalian kan masih aktif jadi sayang kalo wajah terlalu tebal ditutupi#macam tante2X nanti :P.

Foundation lebih cocok untuk mereka yang usia dewasa, tapi banyak sih yang ga pakai juga, semua sesuai keperluan masing-masing. Kegunaan dari Foundation/Alas Bedak itu sendiri untuk:

  • Menutupi kekurangan wajah seperi bekas jerawat, flek hitam, kemerahan disekitar hidung.
  • Menyamarkan kerutan.
  • Bisa juga jadi pelembab wajah khusus wajah kering.
  • Menutupi lingkaran hitam (Walaupun Concealer lebih cocok sih).
  • Membuat wajah lebih flawless dan rata.

Nah itu lah alasan gw menggunakan Foundation #sebenarnya lebih kepada teracuni si Michelle Phan sih, ahahahha. Tapi jangan gunakan tiap hari juga sih, juga jangan tebal-tebal, kasihan ama kulit nanti :). Berikut Jenis Jenis Foundation yang perlu kalian ketahui sesuai dengan kondisi kulit kalian (normal/ kering/berminyak), karena kalau salah memilih, Foundation malah jadi ga menyatu sempurna dengan kulit wajah. Jadi, kenali terlebih dahulu jenis kulit, baru kemudian menentukan jenis yang tepat:

Kulit normal:

- Sheer foundation
Jika kulit Anda termasuk golongan normal, sheer foundation dapat dicoba. Selain tampak lebih menyatu dengan kulit, wajah juga tampak segar tanpa minyak.

Kulit kering:

- Oil-based foundation
Tentu kandungan minyak di dalamnya bisa menjadi jawaban tepat untuk jenis kulit kering. Selain memberikan dasar riasan yang maksimal, alas bedak ini juga melembabkan kulit. Sebelum menggunakan, kocok terlebih dahulu agar formulanya bercampur dengan baik sehingga lebih merata saat diaplikasikan.

- Cream foundation
Jika Anda kesulitan untuk mengatasi masalah garis halus di wajah, coba cream foundation ini. Tekstur lembut dan kandungan minyak yang melembabkan pas untuk jenis kulit kering dan normal.

Kulit berminyak:

- Matte foundation
Dasar riasan jenis ini dikhususkan untuk kulit berminyak. Tapi ada tips sendiri saat menggunakan, karena teksturnya yang cepat kering, Anda cukup mengoleskannya tipis- tipis agar hasilnya tidak seperti topeng.

Kulit berjerawat:

- Stick foundation
Bentuk stik ini menjamin bagian yang belum terpakai akan tetap steril. Bahan di dalamnya mengandung salicylic acid yang baik digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Pastikan Ada memilih label non-comedogenic yang dapat menghambat produksi sebum di wajah.

Untuk semua jenis kulit:

- Liquid foundation
Alas bedak berbentuk cair ini sebenarnya merupakan pilihan yang aman dan ramah untuk semua jenis kulit. Formulanya yang lembut mudah meresap ke dalam pori kulit sehingga hasil riasan tampak lebih natural. Jenis ini memiliki dua jenis formula, bahan dasar air untuk kulit berminyak, dan bahan dasar minyak yang lebih cocok untuk kulit kering.  

- Mousse foundation 
Alas bedak berbentuk mousse ini bisa menjadi pilihan untuk semua jenis kulit. Keunggulannya untuk melapisi wajah dengan sempura menjanjikan hasil riasan yang baik dan lebih alami, begitu juga saat digunakan untuk daerah kulit yang berkerut seperti dahi. Bahan- bahannya yang mudah menyatu dengan kulit tidak meninggalkan jejak garis pada kerutan.

- Two way cake
Foundation ini dirancang semua jenis kulit dan juga kepraktisan dalam penggunaan. Bentuknya seperti bedak padat biasa, Anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengoleskan alas bedak dan bedak terpisah. Cukup sapukan foundation ini menggunakan spons cair untuk efek krim, atau dengan menggunakan spons kering untuk hasil seperti bedak yang tahan lama.


Bagaimana Foundation untuk wajah gw?

Foundation banyak jenisnya yah, untuk googling dulu sebelum gw kecemplung buat beli \(‾▿‾\). Nah kondisi wajah gw itu Berminyak dan Berjerawat #sungguh kombinasi yang menyedihkan ಥ_ಥ. So yang cocok yang bahan dasarnya "Water" atau baca ajah Ingredientsnya yang “OIL FREE”.  Juga yang bentuknya Liquid, alias cair.

Bagaimana memilih warna Foundation?

Itu yang rada susah, tapi kalu mau simple yang pilih yang setingkat gelap dari wajah, terus Bedak Taburnya(buat yang kulit berminyak) yang setingkat terang atau sebaliknya, foundationya yang setingkat lebih terang, bedaknya yang setingkat lebih gelap (Diajarin mbak mbak SPG :P).

Yah pas milih, ga mungkin diolesin diwajah kan (kalau ada tester), taruh ajah dipunggung tangan, nah main feeling ajah degh (Wkwkwkwk, sesat), atau kalau ragu, tanya mbak mbak SPG nya ajah, jangan ampe salah, selain mahal juga kan bikin make-up jadi GGA BANGET (gw pernah keputihan mpe dibilang make tepung, arggghhhh!!!). Atau cara lain taruh beberapa pilihan warna foundation yang kamu pilih lalu oles di rahang dagu, pilih yang mana paling mengenai warna kulit, pilih yang itu. Dan Foundation Pilihan gw adalah :

Maybelline Clear Smooth Gel Foundation 

(sekitar 45.000), Oil Free/ Water based

Maybelline Clear Smooth Gel Foundation  in Natural

Liquid FOundation

Ini memang ga Liquid seperti yang gw harapkan, ini gel sedikit lebih padat dari yang Liquid, but no problem, yang penting berbahan dasar Air, jadi aman.

Bagaimana Menggunakan Foundation?

  1. Kalau gw sih make Astringet dulu (pengecil pori pori) atau gga pake ajah es batu/ bisa di skip.
  2. Taruh Foundation ini di punggung tangan, dikit ajah, ini kayak pewarna kanvas (wajah itu kayak kanvas), jangan banyak banyak, KECUALI yang Foundation Cair.
  3. Aplikasikan diseluruh wajah sampai merata dengan jari (tangan harus steril yoo !!!), setelah itu ambil lagi Foundation, taruh di daerah Bawah mata (Kantong/kerutan mata), daerah hidung (yang merah merah) atau daerah yang bekas jerawat, Nah tekan tekan degh atau usap perlahan.
  4. Tunggu sampe kering, bisa deh make bedak sama riasan lain.


Kelebihan Gel Foundation ini:

Tekstur bahan Aqua.
Bahannya ringan diwajah, serasa ga pakai.



Kekurangan Gel Foundation ini:

Foundation ini begitu gw keluarkan harus buru-buru diaplikasikan dengan Cepat di kulit wajah, kenapa? gel foundation ini cepet banget keringnya, pernah pertama kali warna wajah jadi ga rata gara-gara keburu kering di bagian wajah yang lain.



TIPS:
Foundationya + Bedak Tabur sempurna sudah menutupi kekurangan kamu, apalagi tekstur nya yang ringan abis. Jangan Lupa kertas Minyak yah kalau kamu berpergian, Jangan nantang sinar matahari, selalu tutupi wajah kalau diluar.


Sekian, semoga berguna yah :).
Salam Foundie . .
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/286198-pilih-foundation-sesuai-jenis-kulit-anda




Comment, Sharing or Question, monggo (●´ο`●). Sekian postingan: Foundation yang cocok untuk wajah berminyak. Jika mengutip isi tulisan mohon di lampirkan
link buleipotan.blogspot.com yah (‾⌣‾)♉






4 comments:

  1. mau beli foundation kaya gitu tapi takute tambah berminyak. jadi kalau udah pake foundation ga perlu pake pelembab yg gitu2 banyak di pasaran ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. xoxoxoxo, aku sih pengalaman ajah mbak, karena wajah berminyak jadi ga wajib pake pelembab #kan udah lembab ma minyak wajah :P.

      Kalo mau aman pakai yang cair ajah foundationnya, lebih aman kalo wajah kita berminyak :)

      Delete
  2. Kalo di pakeq sehari hari gimana mb' ?? Kulit wajah berjerawat juga, susah cari foundation ��banyak nyoba foundation tp kebanyakan gak nempell sma bedaknya .. Di bls ya... Mkasiii ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Sari, kenapa mau pake Foundation ? mending BB ajah buat daily kalo jerawat meradang lebih ringan, kecuali mau kondangan gitu, hheeee.
      Tapi kalo pengen juga, coba REvlon Colorstay spf 15, kerasa lebih lama untuk berminyak lagi diwajah.

      Bedak pun nempel lho, kalo karena minyak, coba beli kertas minyak ajah, Foundation bagus memang gak 100 % melindungi kulit dari minyak. Untuk wajah berjerawat, harus lebih bersih lagi saat hapus foundation yah . . .

      Delete
(‾⌣‾) Let me know what do you think Yeaahh.
Click "Subscribe by email " if you want to know my FeedBack Comment.

Photobucket
Wide Eye Onion Kun