Wednesday, 15 December 2010

Pengertian E-commerce dan Jenis - Jenisnya


Pengertian

        E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

       Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

       E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
        E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

        Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
    1. Menyediakan harga kompetitif
    2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
    3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
    4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
    5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
    6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
    7. . Mempermudah kegiatan perdagangan
    Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
    • E-mail dan Messaging
    • Content Management Systems
    • Dokumen, spreadsheet, database
    • Akunting dan sistem keuanga
    • Informasi pengiriman dan pemesanan
    • Pelaporan informasi dari klien dan enterpris.
    • Sistem pembayaran domestik dan internasional
    • Newsgroup
    • On-line Shopping
    • Conferencing
    • Online Banking
        Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut: Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
    1. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang
      menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
    2. Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
    3. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

    B. Jenis-jenis E-Commerce

       Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya, E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
    1. Business to Business, karakteristiknya:
      • Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
      • Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
      • Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
      • Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
        2. Business to Consumer, karakteristiknya:
      • Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
      • Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
      • Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
      • Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5).

    C. Mekanisme E-Commerce.

        Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen
    elektronik (digital document).
       Kontrak on line dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
    Kontrak melalui chatting dan vide oconference ;Kontrakmelalui e-mail; Kontrak melalui web atau situs.

    Chatting dan Video Conference
       Alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan chatting seseorang dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain persis seperti telepon, hanya saja komunikasi lewat chatting ini adalah tulisan atau pernyataan yang terbaca pada komputer masing-masing.Sesuai dengan namanya, video conference adalah alat untuk berbicara dengan beberapa pihak dengan melihat gambar dan mendengar suara secara langsung pihak yang dihubungi dengan alat ini. Dengan demikian melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.

    Kontrak
        Melalui e-mail adalah salah satu kontrak on-line yang sangat populer karena pengguna e-mail saat ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Untuk memperoleh alamat e-mail dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan diri kepada penyedia layanan e-mail gratis atau dengan mendaftarkan diri sebagai subscriber pada server atau ISP tertentu.     Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau
    kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, serta penerimaan dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirimkan melalui e-mail.
        Di samping itu kontrak e-mail dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimaannya dilakukan melalui e-mail.
       Kontrak melalui web dapat dilakukan dengan cara situs web seorang supplier (baik yang berlokasi di server supplier maupun diletakkan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut.
    Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.
    Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:
    - untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk men-download-nya;
    - untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai di rumah konsumen;
    - untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.
       Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.
    D.Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

    E. Bedah salah satu E-commerce

       Contoh website yang menggunakan basis e-commerce adalah : www.fastncheap.com, http://toko.baliwae.com, www.balichemist.com, www.wiwahasouvenir.com, dll. Basis implementasi e-commerce bagi wirausahawan itu sendiri adalah sebagai berikut :
    • Mempunyai produk untuk dijual.
    • Mempunyai moralitas dan motivasi diri : jujur, positif, sabar, komprehensif, rasional, energik, visi dan misi.
    • Harus mempunyai infrastruktur internet, komputer dan website (gratis/berbayar).
    • Manajemen administrasi dan akutansi : punya metode pembayaran melalui bank, paypal, western union, dll, sistem purchase order, invoicing, receipt dan good accounting.
    • Mempunyai strategi Customer Support. Berguna untuk proses transaksi dan layanan after sales.
    • Manajemen Quality Control, Packing dan Ekpedisi. Untuk kontrol kualitas produk, pengemasan dan pengiriman kepada pembeli.
    • Mempunyai strategi Internet Marketing (IM). Berguna untuk marketing, public relation dan branding.
    • Mempunyai jiwa spiritual dan sosial.
    Bedah E-commerce
         Adalah tempat untuk memenuhi kebutuhan Souvenir Pernikahan, Souvenir Khas Bali, Souvenir Ulang Tahun dan Souvenir untuk Promosi Perusahaan. Semua yang tampil di Halaman Utama (Home) kami adalah beberapa produk terbaru kami. Inia adalah satu yang berbasis E-Commerce, yang menjual berbagai pernak pernik apa saja dari Bali, jadi sekalipun kita berada di suatu propinsi atau luar negeri sekalipun, transaksi tetap bisa dilaksanakan bila sudah terjadi kespakatan antara kedua nelah pihak. Di situs ini ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi oleh si pembeli yakni :

    Order and Shipping

    • Order bisa dilakukan via e-mail, telpon, atau datang langsung ke toko offline kami yang alamatnya ada di halaman Contact Us . Bila dilakukan via email, maka sebutkan kode produk, jumlah pembelian, keterangan pelengkap lainnya (seperti nama / tanggal / logo yang akan dicantumkan pada souvenir atau tag nama), serta biodata anda (nama, alamat, nomor telpon yang bisa dihubungi, dan alamat e-mail)
    • Begitu order kami terima, maka kami akan memberikan rincian harga, tambahan biaya akibat pencantuman logo/nama pada souvenir atau biaya pengiriman (bila di luar denpasar) serta waktu penyelesaian pembuatan/pengemasan souvenir.
    • Jika Anda telah setuju dengan konfirmasi kami, maka Anda wajib membayar DP minimal 50% dari total biaya yang ada, dan ditransfer ke rekening kami (Nomor rekening dan keterangan lain dapat dilihat di halaman Contact Us)
    • Order anda kami kerjakan, dan jika sudah selesai kami akan kembali menghubungi Anda.
    • Bila Anda di Luar Bali anda berhak meminta foto hasil jadi souvenir yang anda pesan, dan kami akan senang hati akan mengirimkan via email (oleh karena itu alamat e-mail sangat diperlukan dalam proses pemesanan). Namun bila anda masih di Daerah Denpasar atau sekitarnya, anda dapat langsung melihat di toko offline kami.
    • Jika anda sudah merasa fix dan ok, bagi Anda di Luar Bali maka kami akan meminta sisa pembayaran terlebih dahulu, baru kemudian barang kami kirim. Namun jika anda berada di Bali, maka pelunasan dapat dilakukan saat mengambil souvenir atau saat kami delivery ke tempat anda (Untuk sementara kami hanya melayani delivery service untuk wilayah Denpasar).
    • Barang anda terima, dan Anda berhak memberikan kritik, saran atau kesan Anda terhadap Wiwaha melalui e-mail atau media komunikasi di Blog ini.
    • Bagi Anda di Luar Bali, kami menggunakan ekspedisi yang kami tunjuk (kami akan memberikan alternatif biaya termurah berdasarkan pengalaman kami), namun jika Anda merasa keberatan dengan ekspedisi yang kami tunjuk, silahkan Anda menentukan ekspedisi sendiri sepanjang kantor perwakilannya ada di Bali. Jika anda ingin melihat referensi ekspedisi silahkan klik link di bawah ini.
    Syarat & Ketentuan:
    • Barang yang sudah dibeli/bayar DP tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan produk lain.
    • Penukaran produk setelah pembayaran DP dapat dilakukan jika sudah ada perjanjian sebelumnya atau jika barang habis/tidak diproduksi lagi.
    • Kami tidak menanggung cacat produk yang disebabkan oleh hal-hal di luar jangkauan kami, seperti kecelakaan saat pengiriman, kesalahan atau disposisi saat pengiriman dan handling service di ekspedisi serta force majeur lainnya.
    • Kami hanya melayani delivery service untuk wilayah Denpasar.
    • Harga yang kami cantumkan transparan, tanpa pajak atau komisi tersembunyi.
    • Harga yang kami cantumkan sudah termasuk pengemasan standar (plastik, pita, hiasan seperlunya) serta tag nama kertas standar (tanpa foto). Hubungi kami jika anda menginginkan pengemasan di luar standar tadi, dan kami akan memberikan keterangan tambahan biayanya.
    • Harga dapat berubah sewaktu-waktu (sebagaian besar akibat kenaikan harga dari supplier atau bahan-bahannya) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    Syarat & Ketentuan untuk Reseller
    • Untuk bisa kami masukkan anda ke daftar Reseller kami, maka anda harus mengirimkan biodata lengkap perusahaan anda, scan kartu nama serta flyer/brosur (bila ada) melalui email.
    • Harga Reseller kami berlakukan pada saat order ke-2 Anda, order Anda pertama kali tetap akan dikenakan harga normal.
    • Tarif-tarif promo yang ada di Wiwaha tidak berlaku bagi Reseller, Reseller tetap dikenakan harga Reseller sekalipun ada Promo di Wiwaha.
    • Selain syarat dan ketentuan yang telah disebutkan diatas, Reseller tetap tunduk terhadap syarat dan ketentuan yang lain seperti ditulis diatas.
        Dalam penyediaan website dan metode pembayaran, kegiatan e-commerce bisa dibedakan menjadi dua, yaitu e-commerce sederhana dan e-commerce otomat. Secara sederhana, website untuk kegiatan e-commerce menggunakan sistem statis ataupun shopping cart sederhana yang berguna untuk mengumpulkan daftar order dari pembeli. Selanjutnya proses transaksi melalui email dan menggunakan bank sebagai transaksi finalnya.
        Sedangkan e-commerce otomatisasi, semua kegiatan order dan pembayaran dilakukan secara terintegrasi (otomatis) melalui website. Sehingga pemilik website hanya mengatur pengemasan produk dan mengirimkannya kepada pembeli. Proses transaksi dan manajemen keuangan sudah diwakili secara otomatis melalui website. Tetapi, pihak yang bermain dibelakang layar website tersebut cukup kompleks, meliputi pihak perusahaan penyedia pembayaran (payment gateway), Credit Card Interchance, Credit Card Isuer, Merchant Account dan Bank pemilik website. Pada akhirnya, penyediaan konsep e-commerce otomatisasi terbilang cukup mahal.
         Untuk Website diatas ini, dia menggunakan metode yang sederhana karna menyangkut perusahaan rumah tangga yang tidak terlalu besar, jadi cukup menyebutkan kode barang lalu jika sudah ada kesempakatan harga maka transaksi akan terjadi, pembeli mentrasfer ke no rekening tertentu dan penjual akan mengrimkan barangnya melalu jasa pengiriman barang.
    Contoh media pembayaran
    Contoh media pembayaran

    F. Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis

        Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah: a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu. b. Menurunkan biaya operasional (operating cost). Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi c. Melebarkan jangkauan (global reach). Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer. d. Meningkatkan customer loyalty. Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan. e. Meningkatkan supply management. Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan. f Memperpendek waktu produksi. Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

    G. Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)

        Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga. Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
    • System Penetration Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
    • Authorization Violation Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
    • Planting Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang. Communications Monitoring Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
    • Communications Tampering Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
    • Denial of service Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
    • Repudiation Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

    H. KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN DARI E-COMMERCE

         Dalam implementasinya, keuntungan dari e-commerce tidak saja dirasakan oleh para pebisnis tetapi juga dapat dirasakan oleh konsumen, masyarakat luas dan pemerintah. Di bawah ini merupakan gambaran keuntungan dan kekurangan dari e-commerce yang dirangkum dalam tiga bagian, dalam prespektif produsen, konsumen serta masyarakat dan pemerintahan. Adapun keuntungan e-commerce pada produsen adalah:
    •   Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servicenya secara global.
    •    Mengurangi penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
    •     Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara online.
    •    Membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/service yang sangat spesifik yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi. 
    •    Mengurangi waktu dan biaya prosmosi dari produk/service yang dipasarkan karena tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu. Adapun keuntungan e-commerce pada konsumen adalah:
    - Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun.
    - Memberikan kesempatan konsumen untuk mendapatkan produk/service terbaik dari berbagai pilihan yang ada karena konsumen mendapat kesempatan untuk memilih berbagai jenis produk/service secara langsung.
    - Memberikan kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen untuk berinteraksi, berdiskusi dan bertukar pengalaman. Sehingga akan sangat menguntungkan produsen untuk meningkatkan kualitas produk/servicenya sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Adapun keuntungan e-commerce pada masyarakat dan pemerintah adalah:
    - Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
    - Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
    - Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
    • Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah. Secara umum, implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan menurunkan harga penjualan. Ketika konsumen dapat memilih produk/service yang terbaik baginya, produsen terus semakin berlomba meningkatkan kualitas dari produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide baru yang disukai pasar serta berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap mendapatkan harga produk/service yang terjangkau. Jika siklus ini berjalan dengan baik, tingkat produksi dan kualitas akan terus meningkat, ragam dari produk/service akan semakin banyak dan harga akan semakin terjangkau. Selain itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan keberanian bagi pemula bisnis untuk memulai usahanya karena setiap orang dapat memulai bisnisnya walau sekecil apapun dan sebegitu spesial produk/service yang dihasilkan.


    Sumber :
    1 .http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce
    2.(http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html)
    3.(http://www.balebengong.net/topik/teknologi/2009/04/29/e-commerce-salah-satu-pilihan-wirausaha-modern.html)
    4. (http://e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/)

    No comments:

    Post a Comment

    (‾⌣‾) Let me know what do you think Yeaahh.
    Click "Subscribe by email " if you want to know my FeedBack Comment.

    Photobucket
    Wide Eye Onion Kun